30.4.23

Kunci Hidup, Berjalan di Atas Relnya


Selama hidup manusia selalu ditawarkan pada pilihan-pilihan. Pilihan yang menyenangkan, serta bisa juga menyesakkan menurut versi manusia. Banyak versi mengejutkan dan baru tentang kehidupan. 

Namun begitu menurut pakar filsafat, Dr. Fahrudin Faiz, harus ditekankan dua hal berikut agar dapat menjalani setiap pilihan-pilihan dalam kehidupan dengan penuh kesadaran .

1. Kemauan Berpikir

Setiap manusia dikaruniai akal dan budi untuk mengingat, memahami, dan menelaah sesuatu dan setiap peristiwa. Namun tidak semua menyadari, bahwa dirinya telah memaksimalkan kemauan dirinya dalam menjalani atau menekuni sesuatu.

2. Kemampuan Berpikir

Kemampuan berangkat dari kesungguhan manusia. Mau dan mampu saling terikat satu sama lain untuk membawa kenaikan dalam setiap pilihan hidup yang dipilih manusia. Karena mengerti itu sndiri penggunaannya hanya dengan otak dan alam bawah sadar manusia dalam mensugesti suatu keadaan agar bagaimana caranya hal tersebut bisa dicerna dalam otak.

Sementara memahami adalah bahasa yang penggunaannya lebih menggunakan perasaan dan kepekaan.


35 komentar:

  1. Nama : Aisyah Hulatul Amalia
    Kelas : XII Multimedia 1

    Untuk menjalani setiap pilihan dalam kehidupan dengan penuh kesadaran, manusia perlu memperhatikan dua hal utama yaitu :
    Kemauan berpikir dan Kemampuan berpikir.

    BalasHapus
  2. Rohmat bagus / 12 MM 122 Februari 2024 pukul 11.40

    Menurut opini dari teks yang saya baca, berisikan untuk mengajak kita untuk mempertimbangkan dua hal penting yang harus diperhatikan dalam menjalani kehidupan, yaitu kemauan berpikir dan kemampuan berpikir. Kemauan berpikir mengacu pada kesadaran kita untuk menggunakan akal dan budi kita dalam menjalani sesuatu atau menekuni sesuatu. Sedangkan kemampuan berpikir berkaitan dengan kesungguhan kita untuk memahami dan menelaah setiap peristiwa, serta kemampuan kita untuk mengerti dan mensugesti suatu keadaan agar bisa dicerna dalam otak. Dengan memperhatikan kedua hal ini, kita dapat menjalani setiap pilihan dalam kehidupan dengan penuh kesadaran.

    Nama : Rohmat bagus wicaksono
    Kelas : 12 multimedia 1

    BalasHapus
  3. Galeh Satria P/XII MM 122 Februari 2024 pukul 11.41

    Menurut opini saya tentang kunci hidup berjalan di atas relnya adalah bahwa hal itu menggambarkan pentingnya memiliki tujuan yang jelas dan konsisten dalam hidup. Seperti kereta yang mengikuti relnya, memiliki arah yang jelas membantu kita untuk tetap fokus dan bergerak maju meskipun ada rintangan dan tantangan di sepanjang jalan. Namun, penting juga untuk tetap fleksibel dan bersedia menyesuaikan rencana jika diperlukan demi mencapai tujuan tersebut.

    BalasHapus
  4. Ahmed Abdul Hadi
    XII MM 1

    Agar menghadapi pilihan hidup dengan penuh kesadaran, manusia perlu mengembangkan kemauan dan kemampuan berpikir. Kemauan berpikir menekankan kesadaran dalam pengambilan keputusan, sementara kemampuan berpikir menekankan keseimbangan antara otak dan perasaan untuk memahami situasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:mokhamad satria
      Kelas: X11 mm 1
      Jadilah seorang yang berani dan bertangung jawab,berfikirlah dewasa sebelum melakukan apapun yang kmu lakukan dan gapai lah cita citamu jangan dengerkan kata seseorang yang bisaa merubah kata hatimu, berfikirlah dengan matang dengan pikirang yang dingin biar bisa melakukan hal apapun dengan tenang .

      Hapus
  5. Nama : Aura Nastiti Utari
    Kelas : XII MM 1

    Setiap manusia mempunyai kemauan dan kemampuan. Namun tidak semua manusia dapat mengekspresikan perasaan mereka masing - masing.
    Setiap manusia mempunyai kemampuan. Jika manusia bersungguh - sungguh dan berusaha jika ingin mendapatkan sesuatu, maka sesuatu tersebut akan tercapai.

    BalasHapus
  6. Julia Sahda Nabila / XII-Multimedia 1
    Manusia memiliki pilihan hidup yang berbeda-beda, ada yang menyenangkan dan tidak menyenangkan.Untuk menjalankan hidup sesuai dengan pilihan yang kita mau, kita harus mempunyai 2 hal, yaitu kemauan berfikir dan kemampuan berfikir.

    BalasHapus
  7. Nama : Mafilda Jesika Aulya Putri
    Kelas : XII Multimedia 1

    Keduanya saling terkait dan saling mendukung.Tanpa kemauan berpikir, kita mungkin tidak akan mampu mengembangkan kemampuan berpikir kita.Dan tanpa kemampuan berpikir, kemauan berpikir kita mungkin tidak akan mampu diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

    BalasHapus
  8. Nama: Anggun Ika Nur Diana
    Kelas : XII Multimedia 1

    Sebagai generasi muda, sebaiknya memiliki kemampuan berpikir. Tujuannya agar dapat mencari solusi terhadap suatu masalah, dan mengambil langkah yang tepat untuk memutuskan apa yang harus dilakukan

    BalasHapus
  9. Nico Valen Evriliano
    XII MM 1

    Kemauan berfikir dan Kemampuan berfikir adalah hal yg penting di dalam kehidupan. Saat kita tidak bisa mengendalikan dari salah satu hal tersebut, maka kita tidak dapat menentukan pilihan hidup kita

    BalasHapus
  10. Nama : Saskia Amelia Ananda
    Kelas : XII Multimedia 1

    Menurut saya pernyataan tersebut menyoroti pentingnya kemauan dan kemampuan berpikir dalam menjalani kehidupan secara sadar.
    Kemauan berpikir menekankan pentingnya memanfaatkan potensi akal dan budi manusia untuk memahami dan menelaah setiap peristiwa, sedangkan kemampuan berpikir menekankan kesungguhan dan keterikatan dalam membawa kenaikan dalam setiap pilihan hidup.

    BalasHapus
  11. Irsyad Panca Hutama / XII Multimedia 1 kemampuan berpikir seseorang akan sangat berpengaruh pada kehidupan sehari harinya

    BalasHapus
  12. Memang kemampuan untuk berfikir sangatlah penting untuk seluruh umat manusia. Semua permasalahan itu tidak mungkin dapat dipikirkan dengan mudah. Bahkan ketika kita mau melakukan sesuatu, kita harus berfikir apakah yang kita lakukan benar atau salah. Memahami itu salah satu hal yang penting untuk berfikir. Naseriswa Zukhrufahini XII MM 1

    BalasHapus
  13. ilham adham mahdi / XII MM1 1522 Februari 2024 pukul 11.57

    Untuk menjalani hidup dengan penuh kesadaran, manusia perlu menekan kan kemauan berpikir dan kemampuan berpikir

    Ilham Adham Mahdi
    XII MM 1 / 15

    BalasHapus
  14. Nama : Velina Febrilia
    Kelas : XII Multimedia 1

    Semua manusia mempunyai hak atas pilihan dalam hidupnya, baik menyenangkan maupun menyesatkan. Namun, kita harus memilih dengan penuh kesadaran, dan menerapkan kemauan berpikir serta kemampuan berpikir.

    BalasHapus
  15. Unsi Isnaina / XII MM 122 Februari 2024 pukul 12.12

    Pendapat saya yang berkaitan dengan opini diatas tentang manusia yang mengandalkan kemauan dan kemampuan berpikir dalam menentukan pilihan dengan meneguhkan keingingan yang akan dituju dan memilih pilihan dengan pikiran yang matang dan sudah dipertimbangkan dari segala resiko yang akan didapat jika memilih pilihan tersebut.

    BalasHapus
  16. agar bisa meraih pilihan hidup yang menyenangkan kita harus menekankan 2 hal dalam kehidupan dengan penuh kesadaran yaitu, kemauan berpikir dan kemampuan berpikir

    BalasHapus
  17. Diky Maulana Firmansyah/XII MM 1

    Teks tersebut mengajukan pandangan yang menarik tentang pentingnya kemauan dan kemampuan berpikir dalam menjalani kehidupan. Menurut saya, poin-poin yang disorot oleh Dr. Fahrudin Faiz memberikan pemahaman yang dalam tentang bagaimana manusia seharusnya memandang pilihan-pilihan dalam hidup. Kemampuan untuk berpikir dan memahami dengan baik memainkan peran penting dalam membentuk cara kita menghadapi situasi dan membuat keputusan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya kesadaran diri dalam menjalani kehidupan dengan lebih baik.

    BalasHapus
  18. Muhammad Rafli Syahrul Ramadhan/XIIMM1

    manusia perlu memaksimalkan akal dan budi serta memiliki kesungguhan untuk mencapai kenaikan dalam setiap aspek kehidupan. Selain itu, pemahaman menggunakan perasaan dan kepekaan juga dianggap relevan untuk menghadapi berbagai situasi hidup.

    BalasHapus
  19. Pratama Rangga R/XII MM 1

    menekankan pentingnya kemauan dan kemampuan berpikir dalam menghadapi pilihan-pilihan hidup. Dr. Fahrudin Faiz menyoroti bahwa manusia perlu menyadari dan maksimalkan akal budi serta kesungguhan untuk menjalani setiap pilihan dengan kesadaran penuh. Kemampuan berpikir dan memahami menjadi kunci untuk membawa kenaikan dalam kehidupan, dengan otak dan perasaan berperan dalam proses tersebut.

    BalasHapus
  20. Andre Saputra A / XII MM 1

    Menurut opini dari teks yang saya baca, manusia selalu dihadapkan dengan pilihan pilihan dalam kehidupan. Mereka pun harus memilih pilihan tetsebut dengan kesadaran penuh, karena pilihan tersebut yang dapat membawa manusia memuju suatu hal. Pilihan tersebut didasari oleh kemampuan berfikir dan kemauan berfikir.

    BalasHapus
  21. Revalina SalsaBilla
    28/XII MM 2

    Menurut saya opini dalam teks tersebut adalah menurut Pakar filsafat, Dr. Fahrudin Faiz, menekankan pentingnya kemauan berpikir dalam menjalani setiap pilihan hidup dengan kesadaran penuh. Kemauan berpikir mencakup penggunaan akal dan budi untuk memahami dan menelaah peristiwa, sementara kemampuan berpikir melibatkan kesungguhan manusia untuk membawa kenaikan dalam setiap pilihan hidup dengan mengerti dan memahami dengan menggunakan perasaan dan kepekaan.

    BalasHapus
  22. Nama: fikri saputra pratama
    Kelas: XII MULTIMEDIA 1

    Untuk menjalani hidup perlu dengan kesadaran, juga harus punya keinginan berfikir dan kemampuan berfikir

    BalasHapus
  23. Nama: Ahmat Khoirula
    Kelas: XII MULTIMEDIA 1

    kunci hidup adalah menemukan keseimbangan dan keselarasan dalam perjalanan kita, seperti berjalan di atas relnya dengan penuh keyakinan dan ketegasan.

    BalasHapus

Kirim pesan terbaik Anda untuk pengembangan situs ini!